Kebiasaan Buruk: “Membuang Sampah Sembarangan”

Memiliki kebiasaan buruk merupakan merupakan bukanlah suatu hal yang baik. Kebiasaan buruk sudah semestinya ditinggalkan. Tidak ada sisi positif pada kebiasaan buruk, melaikan sisi negatif. Kebiasaan buruk biasanya akan membawa seseorang kepada kegagalan. Bahkan ada juga kebiasaan buruk yang akan membawa malapetaka bagi orang lain.

 

Salah satu kebiasaan buruk masyarakat Indonesia adalah membuang sampah sembarangan atau dengan kata lain membuang sampah tidak pada tempatnya. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan bukti nyata bahwa telah banyak sungai-sungai di Indonesia yang dahulunya bersih tanpa sampah dan kini telah banyak sampah. Apakah sampah-sampah diĀ  sungai tersebut ada begitu saja? Tentu saja tidak. Pastinya ada manusia yang membuangnya. Bahkan saya pun malu menyebut mereka yang membuang sampah ke sungai adalah manusia.

 

Teman saya pernah bercerita kepada saya saat berada di salah satu kota besar di Indonesia. Dia melihat seorang pemuda berdiri di pinggir jembatan sungai. Pemuda tersebut memegang sebuah bungkusan plastik. Tidak lama kemudian pemuda tersebut melempar bungkusan plastic tersebut ke sungai. Ekspresi wajah pemuda tersebut seperti tidak bersalah. Mungkin sudah terbiasa melakukannya, makanya tidak merasa bersalah. Padahal apa yang dilakukan pemuda tersebut adalah kebiasaan buruk yang harus segera ditinggalkan karena berdampak negatif bagi dirinya dan orang lain.

 

Membuang sampah di sungai adalah kebiasaan buruk. Salah satu dampak negatifnya adalah akan merusak ekosistem pada sungai. Bahakan juga akan berakibat banjir di saat musim hujan. Kini sudah saatnya meninggalkan kebiasaan buruk tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *